RSS

BO HAPPY!

Belajar Otodidak (BO) yang Menyenangkan

BO dengan menyenangkan; membaca buku, membaca semesta, membaca kehidupan, menulis, dan belajar apa pun jangan dijadikan beban dalam hidup, namun dilakukan dengan senang hati, riang dan gembira. Caranya adalah dengan menjadikan belajar sebagai hobi, sebagaimana orang hobi memancing, bermain games, nonton bola, dan hobi-hobi lainnya yang menyenangkan. Prinsip ini sangat penting agar program belajar yang dicanangkan berjalan secara sukarela tanpa paksaan. Bukankah menyenangkan melakukan sesuatu yang disukai dalam hidup, apalagi itu merupakan sesuatu yang bermanfaat untuk diri, orang lain, masyarakat dan umat manusia secara keseluruhan.

Rutinitas yang dijalani dalam BO, dibuat sedemikian rupa agar bisa menyenangkan. Belajar dengan menyenangkan akan memudahkan dalam memahami suatu pelajaran dan bisa lengket dalam ingatan. Jangan lupa prinsip dari ingatan yakni hanya mampu mengingat yang penting-penting saja dan berkesan saja.

Jika Anda merasa suntuk membaca buku selama satu jam, perlu menaruh buku dan berjalan-jalan sebentar, atau yang tinggal dekat hamparan sawah, pepohonan dan pegunungan bisa menikmati pemandangan alam, sedang yang tinggal di perkotaan, bisa menikmati kepadatan lalu lintas atau orang-orang yang berjalan atau mengalihkan dengan merawat bunga, menyiram tanaman, dan melakukan kegiatan lain yang bermanfaat. Jika malam hari, menikmati bulan atau kerlip bintang di angkasa. Setelah itu, meneruskan untuk membaca buku sampai waktu yang diinginkan.

Suatu saat timbul perasaan tidak berguna, suntuk, atau ingin berhenti belajar. Cara mengatasinya, lihatlah gambar-gambar tokoh idola, mereka semua adalah orang-orang yang bekerja keras, bisa berhasil berkat kepintaran menggabungkan antara kesenangan dengan pekerjaan, melewati proses waktu panjang dan melelahkan sebelum berhasil, berulangkali mengalami kegagalan dan bangkit kembali, mengerahkan segenap potensi supaya sukses, dan mampu menjadikan perasaan-perasaan negatif sebagai pemicu semangat untuk melangkah yang lebih baik. Ketika semangat timgbul kembali, mulailah belajar otodidak. Agar terdapat variasi dalam belajar otodidak, gunakan untuk menikmati kesenian masyarakat, belajar tradisi tertentu, dan kebudayaan yang khas di daerah sendiri.

Cara lain adalah menulis kegiatan apa saja yang paling menyenangkan dalam hidup, misalkan berjalan-jalan di pantai, memancing, menolong orang yang kesusahan, bermain play station atau games komputer, menonton televisi, lalu masukkan kegiatan belajar otodidak menjadi yang paling menyenangkan juga seperti; membaca buku, membaca keadaan, semesta dan kehidupan, menulis. Dengan memasukkan kegiatan-kegiatan BO dalam sesuatu yang paling menyenangkan, maka kelak di kemudian hari, otodidaktor akan mampu mencintai BO sebagaimana mencintai seorang kekasih. Rasanya ada sesuatu yang hilang atau timbul perasaan hampa, jika dalam satu hari dilalui tanpa BO.

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: