RSS

Hikmah Puasa Ramadhon

04 Sep

Hari senin, 1 Sepetember 2008, awal bulan puasa, itu berarti setiap umat Islam dituntut menunaikan ibadah puasa sebulan penuh. Apa makna kewajiban puasa bagi umat Islam?

Pertama; ibadah puasa sebenarnya tidak hanya diwajibkan pada umat Nabi Muhammad SAW, umat-umat sebelum beliau juga pernah diwajibkan berpuasa. Hal ini menunjukkan bahwa ibadah puasa merupakan sesuatu yang bisa dilakukan manusia asal ada kemauan dan tekad bulat untuk melaksanakannya. Tidak ada alasan untuk tidak berpuasa.

Kedua; bulan puasa merupakan anugrah bulan terbaik yang dikaruniakan Allah pada umat manusia. Salah satu malam Lailatul Qodar saja lebih baik dari 1000 bulan, padahal usia manusia di zaman modern tidak akan sampai selama itu. Setiap ibadah, amal sholeh, sedekah, dan kebaikan yang dilakukan bernilai berlipat ganda melebihi hari-hari biasa. Puasa sebulan penuh dengan benar dalam sebulan dapat menebus kesalahan 11 bulan lainnya. Makanya, dalam sebuah hadis dikemukan bahwa seandainya umat Islam tahu keutamaan Ramadhan (secara nyata dan pragmatis), tentu mereka akan mengharap seluruh bulan adalah Ramadhon.

Ketiga; puasa bukan sekadar menahan lapar dan haus, sekaligus mengontor hawa nafsu dan mampu mengendalikan sifat-sifat buruk dalam diri. Ketika timbul hasrat membicarakan orang lain, secepatnya dihentikan. Ketika senang melihat orang lain jatuh, bangkrut atau sengsara, secepatnya dihapus dengan istigfar. Ketika merasa paling hebat di dunia, ilmu manusia seperti buih di tengah lautan. Ketika hendak bertengkar dengan orang lain walau benar, berusaha menghindar karena sedang berpuasa. Ketika melakukan kesalahan, secepatnya bertobat.

Keempat; Menahan lapar dan haus merupakan pekerjaan sehari-hari masyarakat marjinal; miskin, yatim piatu, janda miskin, pengasong, pemulung, pengamen dan anak jalanan. Mereka kadang dalam sehari semalam terpaksa makan sekali. Merasakan apa yang mereka rasakan, sehingga timbul kepedulian untuk membantu orang lain yang membutuhkan adalah hikmah puasa dalam konteks hubungan dengan sesama manusia. Bahkan, tidak masuk surga orang alim atau ahli ibadah yang membiarkan tetangganya kelaparan.

Kelima; puasa merubakan bentuk ibadah yang pahalanya langsung diterima Allah. Itu berarti bahwa ibadah ini sangat penting dan besar nilainya di sisi Allah. Bukankah kita hidup di dunia untuk berjumpa dengan Allah di Akhirat sekaligus mendapat RidhaNya? Maka puasa adalah bentuk yang disediakan Allah untuk mendapatkan semua itu.

Keenam; sudah banyak buku yang menulis tentang pengaruh positif puasa pada kesehatan dan ini sudah dibuktikan secara ilmiah di bidang kedokteran. Sungguh Allah Maha Segala, kita sudah diberi berbagai keutamaan, pahala, dan ketenangan batin, eh masih ditambah dengan anugrah kesahatan. Ini semakin menguatkan bukti nyata bahwa kewajiban ibadah dalam Islam; Syahadat, Shalat, Puasa, Zakat dan Haji, hakikatnya demi kebaikan manusia sendiri. Masihkah Anda “berani”melalaikan ibadah?

Ketujuh; ketika bulan puasa biasanya juga disalurkan zakat fitrah 2 kilogram setengah, biasanya juga zakat harta diberikan pada bulan ini (Haul atau jatuh tempo setahun hitungan mudahnya dari Romadhon ke Romadhon, meski tidak harus bulan ini). Untuk Hikmah zakat diuraikan dalam tulisan setelah ini.

* Penulis Buku Berniaga Dengan Iman, Kiat-Kiat Agamis Menjadi Saudagar Sukses Novel; Bidadari Posmodern, buku “BELAJAR OTODIDAK SAMPAI MATI, Pembelajaran Seumur Hidup Sebagai Kebutuhan Mendesak Saat Ini!” (belum terbit) yang merupakan edisi revisi dari buku “Mau Kuliah Alternatif? BELAJAR OTODIDAK, Dong!” 2007, Ka Tulis Tiwa Press Jakarta, yang bisa Anda beli langsung pada penulis, hubungi (08176956688) Segera terbit Learning For Living (LFL); 3 LANGKAH SEDERHANA MENUJU KESUKSESAN. Kini menjadi Trainer Pelatihan Learning For Living untuk Pelajar, Mahasiswa dan Umum tentang Belajar Otodidak, Wira Usaha Islam dan Mukmin Sejati. Blog ; www. sampenulis.wordpress.com,Email; sam_penulis@yahoo.com, otodidaktor@yahoo.co.id

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 4, 2008 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: