RSS

Meningkatkan Kualitas puasa

04 Sep

Hampir setiap tahun kita menjalankan rutinitas puasa, pertanyaannya sudahkah puasa yang kita lakukan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun? Atau jangan-jangan kita terjebak menjalankan kewajiban agama saja.

Dalam banya ayat AL-Qur’an Allah mengajak umat Islam untuk meningkatkan kualitas ketakwaan dan keimanan, salah satu medianya ialah meningkatkan kualitas puasa yang dilakukan. Untuk meningkatkan kualitas puasa, berikut beberapa langkah yang diambil (disarikan dari buku Tazkiyatun Nafs Sa’id Hawwa yang merupakan penjelasan ulang Ihya Ulumuddin Imam Ghazali):

1. Menundukkan pandangan dan menahan pandangan dari hal yang tercela, dibenci dan mengganggu hati untuk mengingat Allah. Tiada waktu untuk mengingat selain Allah. Ketika menjalankan berbagai aktivitas di kantor, rumah dan tempat lainnya, hati senantiasa mengingat Allah walau sedang mengerjakan hal lainnya.

2. Menjaga lisan untuk tidak berbicara hal-hal tercela; gibah (membicarakan kejelekan orang lain), namimah (adu domba), pertengkaran, perkelahian, perkataan kasar dan kekejian, lebih baik diam dan menyibukkan diri dengan berdzikir pada Allah. Begitu terlanjur berucap secepatnya membaca istigfar berulangkali.

3. Menahan pendengaran untuk mendengarkan hal-hal yang dilarang atau diharamkan. Telinga juga dijaga untuk tidak mendengarkan hal-hal di atas.

4. Menahan anggota tubuh yang lain dari berbagai perbuatan dosa dan maksiat. Terkadang angan-angan kosong mengajak kemaksitan dengan mengingat wanita cantik, makanan yang lezat dan hal-hal yang tidak bermanfaat lainnya, secepatnya alihkan dengan memperbanyak dzikir pada Allah atau mengerjakan hal lain yang positif.

5. Tidak memakan makanan yang halal secara berlebihan. Berusaha berbuka dan menikmati makan sahur secukupnya agar mampu menjalankan shalat Tarawih dan Tahajjud dengan Khusyu’.

6. Ketika berbuka hati berguncang karena cemas puasa tidak diterima oleh Allah, maka berusaha memperbanyak istigfar.

7. Memperbanyak amal sholeh dan sedekah (tambahan dari hamba Allah). Nabi Muhammad ketika Ramadhon sedekahnya seperti hembusan angin saking banyaknya. Amal sholeh dilakukan dengan membantu siapa saja yang membutuhkan sesuai kemampuan, syukur-syukur nilai bantuan bersifat langgeng seperti; memberi modal pada fakir miskin atau pengangguran, mengajak penjahat ke jalan yang benar atau mengajak non Muslim ke jalan Islam tanpa paksaan.

Makna puasa secara sosial

1. Hidup selama setahun 12 bulan, memanfaatkan sebulan untuk berpuasa pagi sampai matahari terbenam, tentu merupakan sesuatu yang wajar, malah jika melalaikan sama artinya dengan menyepelekan kehidupan kita yang 11 bulan, di samping itu, puasa sebulan memberi warna berbeda pada yang 11 bulan lainnya untuk menjalani hidup yang lebih baik.

2. Merasakan lapar untuk memiliki kepedulian pada orang-orang sekitar yang hidup kekurangan, terlantar dan teraniaya.

3. Mengendalikan mesin hasrat atau keinginan kita supaya membeli barang yang benar-benar penting, mendahulukan kebutuhan di atas keinginan, dan mengatur keinginan sebagai upaya menikmati hidup. Mengontrol emosi dengan baik untuk hidup yang harmonis.

4. Mengontrol hawa nafsu agar kita yang berkuasa bukan sebaliknya, sebab hidup lebih indah, coba dibuktikan jika tidak percaya.

* Penulis Buku Berniaga Dengan Iman, Kiat-Kiat Agamis Menjadi Saudagar Sukses Novel; Bidadari Posmodern, buku “BELAJAR OTODIDAK SAMPAI MATI, Pembelajaran Seumur Hidup Sebagai Kebutuhan Mendesak Saat Ini!” (belum terbit) yang merupakan edisi revisi dari buku “Mau Kuliah Alternatif? BELAJAR OTODIDAK, Dong!” 2007, Ka Tulis Tiwa Press Jakarta, yang bisa Anda beli langsung pada penulis, hubungi (08176956688) Segera terbit buku Pelatihan Learning For Living (LFL); 3 LANGKAH SEDERHANA MENUJU KESUKSESAN. Kini menjadi Trainer Pelatihan LFL untuk Pelajar, Mahasiswa dan Umum tentang Belajar Otodidak, Wira Usaha Islam dan Mukmin Sejati, bagi sekolah, pesantren atau Perguruan Tinggi yang tertarik, hubungi; Blog ; www. sampenulis.wordpress.com, Email;sam_penulis@yahoo.com, otodidaktor@yahoo.co.id. (08176956688)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 4, 2008 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: