RSS

Meraih Malam Lailatul Qodar

04 Sep

Salah satu Anugerah dan Rahmat Allah terbesar di bulan Ramadhan ialah Mendapatkan Malam Lailatul Qodar.

Hampir setiap Ceramah agama pada saat Tarawih dan Menjelang Sahur menyinggung hal ini dan mengutip hadis yang popular bahwa Malam Lailatul Qodar berada pada malam ganjil pada akhir-akhir bulan Ramadhan yakni antara 21,23,25,27,29 atau 31 jika ada.

Malam Lailatul Qodar insya Allah dapat diraih dengan cara;

1. Mampu melaksanakan ibadah shalat Tarawih secara konsisten, baik berjamaah atau sendirian, dari awal Ramadhan sampai akhir bulan Ramadhan.

2. Senantiasa shalat Tahajjud dari hari pertama Ramadhan sampai hari terakhir, dengan berusaha menjaga konsistensi jumlah Rakaat; misalkan 2 salam setiap malam, begitu terus menerus, malah dianjurkan semakin hari semakin meningkat.

3. Mampu melaksanakan puasa sebaik-baiknya selama bulan Ramadhan, kecuali sakit dan dalam perjalanan sangat jauh.

4. Berusaha membantu orang lain dengan ilmu, harta, makanan, kebaikan, sikap santun dan suri tauladan yang baik.

5. Memperbanyak ibadah pada malam-malam ganjil, khususnya; 21,23,25,27,29,31 dengan tanpa melalaikan malam-malam lainnya.

6. Berusaha melakukan amal sholeh yang bersifat permanen pengaruhnya, seperti mengajar anak yatim piatu atau fakir miskin tanpa pamrih, memberikan beasiswa pada mereka, dan memberikan modal usaha, walau hanya sekali, dan menolong orang lain saat benar-benar membutuhkan walau dengan tenaga atau saran. Ini akan menjadi amal jariyah di akhirat kelak.

7. Senantiasa memperbaiki niat bahwa ibadah yang dilakukan karena cinta pada Allah dan hanya pada Allah semata, bukan untuk malam Lailatul Qodar atau lainnya.

Insya Allah, dengan semua itu kita mendapatkan malam Lailatul Qodar. Bagiaman jika melalaikan salah satu atau dua di antara 7 Item? hanya Allahlah yang tahu kepada siapa malam Lailatul Qodar dianugerahkan. Ini hanya hasil perenungan hamba Allah agar kita mampu meraih malam Lailatul Qodar. Allhu ‘alam bis showaab!

* Penulis Buku Berniaga Dengan Iman, Kiat-Kiat Agamis Menjadi Saudagar Sukses Novel; Bidadari Posmodern, buku “BELAJAR OTODIDAK SAMPAI MATI, Pembelajaran Seumur Hidup Sebagai Kebutuhan Mendesak Saat Ini!” (belum terbit) yang merupakan edisi revisi dari buku “Mau Kuliah Alternatif? BELAJAR OTODIDAK, Dong!” 2007, Ka Tulis Tiwa Press Jakarta, yang bisa Anda beli langsung pada penulis, hubungi (08176956688) Segera terbit buku Pelatihan Learning For Living (LFL); 3 LANGKAH SEDERHANA MENUJU KESUKSESAN. Kini menjadi Trainer Pelatihan LFL untuk Pelajar, Mahasiswa dan Umum tentang Belajar Otodidak, Wira Usaha Islam dan Mukmin Sejati, bagi sekolah, pesantren atau Perguruan Tinggi yang tertarik, hubungi; Blog ; www. sampenulis.wordpress.com, Email;sam_penulis@yahoo.com, otodidaktor@yahoo.co.id. (08176956688)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 4, 2008 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: