RSS

Nikmatnya shalat Tahajjud

04 Sep

Salah satu shalat sunnah yang mendekati shalat wajib 5 waktu ialah Shalat Tahajjud pada malam hari. Di samping itu, bagi yang telah menjadikan shalat Tahajjud sebagai kebutuhan seperti halnya shalat Lima waktu, maka akan merasakan kenikmatan shalat Tahajjud yang tak terkirat. Hal ini karena beberapa alasan:

1. Ayat tentang shalat Tahajjud merupakan bentuk perintah “Fatahajjad bihi naafidatal laik ..” maka shalat tahajjudlah kamu pada sebagian malam. Ini menunjukkan tingginya derajat shalat Tahajjud.

2. Shalat tahajjud yang paling utama dilakukan setelah bangun tidur pada pertengahan malam atau seperti malam terakhir antara pukul 03.00-04.30 WIB. Pada waktu itu malam sunyi, tenang dan orang-orang sedang terlelap tidur, sehingga saat melaksanakan sholat penuh ketenangan, ketentraman dan focus pada ibadah hanya pada Allah. Dianjurkan sambil shalat menitikkan air mata karena takut dasyatnya siksa kubur, padang Mashsyar, Syirat (jembatan penitian) dan azab neraka, karena takut Allah tidak sudi berjumpa dengan kita di akhirat, takut amal-amal kebaikan menjadi fatamorgana karena ketidaktahuan dan dicampur dengan amal-amal yang merusak ibadah, taku dosa yang sangat luar biasa banyak tidak diampuni Allah.

3. Sebagai pengikat istiqomah shalat Tahajjud setiap malam, dapat dilakukan sebelum tidur dua rakaat dan dilanjutkan ketika bangun tidur sebelum waktu subuh datang.

4. Shalat Tahajjud yang dilakukan tanpa pamrih dan hanya mengharap ridha Allah semata, insya Allah membawa pada kesuksesan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

5. Shalat Tahajjud secara ikhlas terbukti dapat menjadi terapi penyakit stroke atau darah tinggi, hal ini telah dibuktikan kebenarannya oleh penulis buku Shalat Tahajjud.

6. Sahabat-sahabat saya yang sekarang berhasil di berbagai bidang yang digelutinya karena rajin shalat Tahajjud ketika di Pesantren, seperti Dr. Agus Wedi, pakar Teknologi pendidikan dari Malang.

Mari kita berlomba-lomba melaksanakan shalat Tahajjud secara ikhlas, insya Allah keberhasilan akan datang bersama usaha yang dilakukan. Jika pun tidak menikmati kesuksesan di dunia, di akhirat kelak kita menikmatinya. Bukankah kehidupan akhirat jauh lebih baik dari kehidupan dunia?

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada September 4, 2008 in Uncategorized

 

2 responses to “Nikmatnya shalat Tahajjud

  1. muhtadin

    Juni 8, 2009 at 11:13 pm

    ust, klo ada artikel yang bagus kirim-kirim lagi dong!

     
    • Penulis Sam

      Oktober 31, 2009 at 2:44 am

      Insya Allah! Tapi dalam blog saya udah banyak tulisan!

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: