RSS

Anda Ingin Menjadi Anggota Dewan, Baca dan Praktikkan Tulisan ini!

06 Sep

 

Ahmad Zamhari Hasan*

 

Menurut Nursyamsi Nurlan, SH, dalam buku Kiat-Kiat Menjadi Anggota DPR.DPD.DPRD (hal 2-4), ada beberapa hal yang mesti diperhatikan bagi yang ingin menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat;

<!–[if !supportLists]–>1. <!–[endif]–>Bagaimana membangun dan mempertahankan reputasi.

Brand image (reputasi) tidak hanya penting dalam dunia marketing untuk menjual produk supaya laku terjual dengan baik, tapi juga penting bagi seorang wakil rakyat. Brand Image seorang calon anggota dewan harus dibangun sesuai kepribadian, keseharian dan jati dirinya. Sebagai misal, seorang yang berlatar belakang kampus dan aktif di organisasi kemahasiswaan dan kemasyarakatan, dapat memanfaatkannya menjadi brand image sebagai tokoh yang peduli pada masyarakat. Jika target massa merupakan masyarakat awam yang agamis, maka menempatkan diri sebagai wanita Muslimah teladan yang berusaha memperjuangkan kaum wanita/ibu-ibu dan masyarakat biasa supaya mampu meningkatkan kualitas hidup.

Untuk menjaga brand Image; jangan pernah melakukan kesahalan yang diketahui orang banyak, jangan bertingkah-laku yang sembarangan, jangan pernah korupsi, jangan menyakiti hati rakyat, dan jangan menyalahi janji yang dibuat.

<!–[if !supportLists]–>2. <!–[endif]–>Bagaimana mengatur strategi yang sesuai dengan etika dan aturan main yang ada

Strategi yang dibuat disesuaikan dengan brand imagenya yakni; membuat organisasi-organisasi kecil yang berguna bagi masyarakat seperti majlis taklim, menggerakkan organisasi-organisasi remaja masjid (jika belum ada, diadakan secepatnya), mengadakan silaturrahmi dengan seluruh komponen masyarakat, menyalurkan aspirasi mereka dan memperjuangkan di hadapan Anggota Dewan nantinya (jika jadi, laporkan pada masyarakat bahwa sudah diperjuangkan meski gagal). Sedang aturan main yang ditetapkan KPU diikuti sebaik-baiknya dengan berusaha tidak melanggar aturan yang ada.

<!–[if !supportLists]–>3. <!–[endif]–>Menyusun dan mensosialisasikan program kerja pada rakyat

Untuk masyarakat pedesaan, program yang dibuat sesederhana mungkin dan menyentuh kepentingan mereka. Pertama; mengusahakan kredit sebesar 500 ribu rupiah untuk 20 orang dulu saat diangkat menjadi anggota dewan, diprioritaskan yang tidak mampu dan keluarga miskin, 3 bulan pertama menjadi anggota Dewan, 3 bulan selanjutnya, ditingkatkan dengan 50 orang, 1 tahun kemudian ditingkatkan menjadi 100 orang, kredit tanpa bunga dan anggunan, masyarakat diminta membayar setelah panen. Kedua; memperjuangkan nasib petani tembakau agar harga bisa stabil (memberikan laporan hasil perjuangan pada ketua-ketua organisasi remas, majlis taklim dan tokoh masyarakat nantinya). Ketiga; menjalin kerja sama dengan pengusaha agar hasil pertanian rakyat dapat mereka beli sesuai standar, perlu bertanya standar kualitas barang, harga jual yang sesuai dan bagaimana seharusnya petani bersikap, jadi pengusaha tetap diuntungkan dan petani juga untung. Keempat; meningkatkan kuantitas dan kualitas Jagung dengan mengusahakan benih unggul dengan bekerja sama lewat LIPI dan Depertemen Pertanian, uji coba dulu pada beberapa petani, jika berhasil yang lain ikut. Kelima; mengusahakan penyuluhan pertanian bekerja sama dengan Departemen Pertanian. Bentuk sosialisasi; datangi masyarakat satu persatu walau hanya sebentar, ajak rembuk ketua-ketua Remas, majlis taklim dan tokoh masyarakat, dan jika memiliki dana mencukupi biayai kegiatan organisasi kemasyarakatan atau kebutuhan masyarakat; misal tong sampah, cat untuk masjid atau mushalla, dan membelikan alat “passat” baru untuk 10 orang, tapi dilombakan.

<!–[if !supportLists]–>4. <!–[endif]–>Mengumpulkan dana kampanye

Usahakan dana kampanye berasal dari anggota masyarakat atau tokoh masyarakat yang mampu, imbal baliknya ketika menjadi anggota Dewan akan benar-benar memperjuangkan nasib rakyatnya.

Ajak pengusaha Muslim lokal yang berpengaruh untuk turut menyumbang dana, nanti jika dapat Link di daerah lain atau Jakarta akan bekerja sama dengan pengusaha tersebut, missal program penjualan benih murah berkualitas.

Jangan memberi uang pada masyarakat langsung, sedikit banyak mereka mulai cerdas, anggota Dewan yang member uang, pasti jika jadi untuk kekayaan dirinya dan tidak memperjuangkan nasib rakyat.

<!–[if !supportLists]–>5. <!–[endif]–>Cara berkampanye yang efektif dan efisien, sehingga membuat masyarakat simpatik dan memilih sang calon nantinya dalam pemilihan.

Kampanye yang efektif ialah; door to door dari pintu ke pintu, mengadakan bermacam-macam lomba dengan menyediakan hadiahnya dalam bentuk piala dan barang (bukan uang), jalan-jalan ke pasar untuk memperhatikan kondisi pasar, jika kotor nanti berjanji untuk mengusahakan supaya bersih (tidak butuh dana besar), memberi nasihat pada pedagang agar tawakkal pada Allah dengan mengaji Surat Waqi’ah dan memperbanyak istigfar, mengadakan kegiatan di masjid-masjid atau musholla dengan memberikan ceramah tanpa kampanye, berdayakan teman santri.

Cara Memomativasi Diri;

<!–[if !supportLists]–>1. <!–[endif]–>Yakin akan menang dengan niat, usaha, proses dan tujuan yang benar, jika tidak tersenyumlah masih ada waktu di masa mendatang dan teruslah berkarya untuk masyarakat.

<!–[if !supportLists]–>2. <!–[endif]–>Inilah jalan terbaik yang harus diusakan sebaik-baiknya, bukan demi kepentingan diri, melainkan demi kepentingan rakyat banyak dan Islam

<!–[if !supportLists]–>3. <!–[endif]–>Lakukan hal ini sebagai bentuk pengabdian pada Allah

Apa yang Anda lakukan secara Spritual agar usaha seiring dengan Kehendak Allah;

<!–[if !supportLists]–>1. <!–[endif]–>Istiqomah shalat Tahajjud satu salam sebelum tidur dan 2 salam setelah bangun tidur, dalam sujud saat shalat Tahajjud meminta pada Allah agar mampu memperjuangkan nasib rakyat miskin atau tidak mampu dengan menjadi anggota Dewan.

<!–[if !supportLists]–>2. <!–[endif]–>Supaya dikabulkan Allah, tambah dengan shalat Hajat 2 Rakaat!

<!–[if !supportLists]–>3. <!–[endif]–>Shalat Dhuha, minimal 2 salam setiap hari karena hal itu dapat memurahkan rizki dan karir atau pekerjaan

<!–[if !supportLists]–>4. <!–[endif]–>Mengaji Al-Qur’an walau hanya 5 ayat setiap hari sambil memperhatikan maknanya

<!–[if !supportLists]–>5. <!–[endif]–>Membaca istigfar 1000 setiap hari

<!–[if !supportLists]–>6. <!–[endif]–>Berdoa secara khusyu’ hanya pada Allah dan yakin doa dikabulkan Allah

 

Beberapa Tips di atas, Nampak sulit ketika dibaca dan dipelajari, tapi terasa mudah jika mulai dilakukan satu persatu, sehingga semuanya dapat dilaksanakan dengan baik. Selamat berjuang, berusaha dan sukses demi rakyat Indonesia! Semoga seiring dengan kehendak dan ridho Allah! Amin!

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 6, 2008 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: